INTERNET OF THINGS (IOT)

APA SIH INTERNET OF THINGS(IOT) ITU?

Internet of things atau yang biasa disingkat dengan kata IoT. Apa sih tuh IoT? Emang apaan? Gak pernah denger, gak penting juga. Pasti banyak diantara kita atau mungkin mahasiswa universitas gunadarma­–tempat saya kuliah, pun, belum tau apa itu yang namanya IoT bahkan mungkin ada yang belum pernah mendengarnya sama sekali.

Nah disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang apa itu IoT, bagaimana kerja IoT, contoh-contoh dari IoT itu apa, dan bagaimana gambaran saya tentang keinginan saya untuk IoT itu seperti apa. Oh iya kenapa sedikit informasi? Karena sejujurnya saja saya mahasiswa gunadarma semester 3 dari fakultas ilmu computer baru tau tentang IoT itu apa bahkan baru dengar tentang IoT dari dosen mata kuliah inovasi saya sendiri.

Oke sekarang kita akan tentang IoT itu apa. Apa sih IoT itu?

Internet of Things (IoT) ini adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memanfaatkan koneksi internet untuk berkomunikasi antar satu sama lain. Ternyata istilah IoT itu sendiri awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999. Dan mulai terkenal melalui Auto-ID center di MIT.

Terus, kemampuan IoT dan cara kerja IoT seperti apa?

IoT memiliki kemampuan untuk berbagi data, berkomunikasi, romote control, dan lain-lain.

Cara kerja IoT. Cara kerja dari Internet of Things ini sendiri memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang setiap perintah argumennya ini akan menghasilkan interaksi antara benda satu dengan benda lainnya yang akan terhubung secara otomatis dalam berbagai jarak. Nantinya internet yang akan menjadi penghubung utama dalam interaksi benda yang sedang terhubung dan manusia hanya berperan sebagai pengatur serta pengawas perangkat Internet of Things secara langsung.

Apa aja sih manfaat dari adanya Internet of Things ini? Dan ada tidak kerugiannya?

Banyak banget dong manfaatnya yaitu kerjaan kita bias teringankan bebannya, lebih cepat, lebih mudah dan lebih efisien. Dengan menggunakan IoT ini kita diberikan tawaran menarik seperti perangkat rumah yang dapat dikendalikan lewat ponsel pintar dari jarak jauh dan memberitahu kita bagaimana kondisi rumah yang sedang terjadi. Tetapi internet of things ini gak Cuma berguna untuk keperluan rumah aja tapi juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan seluruh dunia ini seperti dari ingkungan, pangan, penelitian, medis, tata kota, dan masih banyak lagi.

Baru-baru ini banyak perusahaan yang memperkenakan teknologi perangkat internet of things seperti intel, Qualcomm, Microsoft, Samsung, dan masih banyak lagi. Lalu, saat ini Google juga dalam mengembangkan teknologinya di dunia internet of things. Nanti, pada tanggal 28 Mei 2015 di Center Wast, San Fransisco, Amerika Serikat akan diperkenalkan sistem operasi untuk internet of things yaitu Google I/O 2015 bernama Brilio.

Contoh teknologi apa saja sih yang sudah menggunakan Internet of Things?

Banyak sekali teknologi yang sudah dipasarkan dengan menggunakan konsep Internet of Things salah satunya yang sedang ramai dipasaran yaitu:

Apple Watch

Apple watch ini adalah salah satu produk buatan Apple berbentuk sebuah jam yang dapat berguna untuk melihat posisi di peta dengan mudah dan cepat, untuk mendeteksi detak jantung kamu sepanjang hari, foto, mendengarkan musik, dan lain-lain.

Bagaimana rencana Internet of Things kedepannya?

Beberapa bulan ini konsep smart city sedang ramai dibincangkan oleh beberapa kepala daerah di Indonesia. Contoh dari penggunaan teknologi IoT pada smart city yaitu: banjir online, Early Warning System(untuk mendeteksi daerah rawan bencana alam), dan Smart Parking.

Smart City Concept in Santander, Spain

Saya berharap sekali teknologi smart city ini diterapkan dan juga berharap aka nada teknologi dari IoT yang mendeteksi rawan bahaya disekitar karena sekarang-sekarang ini tindakan kejahatan sering banyak terjadi.

rancangan IoT untuk kedepannya

Sumber:

Situs:

http://iot.co.id/konsep-smart-city-dan-pengembangannya-di-indonesia/

https://www.techopedia.com/definition/28247/internet-of-things-iot

http://teknojurnal.com/brillo/

http://teknojurnal.com/internet-of-things-era-baru-semua-benda-dikendalikan-melalui-jaringan-internet/

Video:

https://www.youtube.com/watch?v=LHdVkPrdRYg 

https://www.youtube.com/watch?v=M0IR40ud0jU 

https://www.youtube.com/watch?v=b0IebdHxyHU

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s